Ikhlas kok Ikhlas

Diposting oleh Label: Cerbung, About Me, Quotes, Poetry di
Hai gais, pertama kalinya nih nulis kayak gini tapi ga ada salahnya sih di coba, hehe. pada tulisan kali ini mari kita membahas ikhlas. Apa definisi ikhlas menurut kalian? kalau menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Ikhlas artinya tulus hati atau bersih hati. Menurut bahasa artinya membersihkan sesuatu dari kotoran dan najis sementara Menurut istilah ikhlas berarti niat mengharap ridha Allah saja dan tidak menyekutukannya dengan kepentingan lain. Kalau menurut pendapatku pribadi ikhlas itu mungkin Move On dari mengingat ngingat kebaikan yang kita lakukan.

Nah sekarang mari kita belajar ikhlas dari surat Al Ikhlas, satu satunya surat dengan nama ikhlas tapi di dalamnya tidak ada kata ikhlas sama sekali, sampai sampai anak anak terdahulu susah mengenalinya.

"nak coba baca surat Al-Ikhlas" pinta orang tua mereka
"yang mana pak, bu?" tanya anak anaknya
"itu loh yang Qulhu Allahu ahad."
"ohh... bilang dong kalau surat Qulhu." lanjutnya.

Nah, kebayang gak sih perasaan surat Al-ikhlas yang banyak manfaatnya itu, bagaimana ketika ia tidak di kenali? apa dia protes? terus bilang, saya tidak ikhlas kalian baca! sedikitpun tidak, dia tetap ikhlas :D karena keikhlasan tidak perlu di umbar, "aku ikhlas kok, serius ikhlas." gak perlu! ikhlas itu datangnya dari hati. lantas kalau gak perlu di umbar bagaimana kalau ada yang nanya, "kamu ikhlas gak?" apa jawabannya harus pake isyarat dengan menggeleng atau mengangguk saja? ahaha ya gak gitu juga kali, ya kalau ada yang nanya jawab aja Insya Allah.

Terus kalian pernah denger ? katanya ikhlas itu kayak kita *maaf buang kotoran. kalau udah di keluarin ya udah lupain. gak perlu di ingat bentuknya, kapan dan seperti apa. :D maaf loh ya. jadi kalau udah ikhlas jangan di ingat apa, kapan dan bagaimana caranya. Istilahnya, "Tangan kanan memberi, tangan kiri gak boleh tahu."

nah yang terakhir nih, apa sih pertanda ikhlas itu? mmm.. saya kurang paham masalah ini namun seorang guru besar perah berkata, "ketika kamu takut apa yang kamu lakukan itu tidak ikhlas. Semoga ketakutan ketakutan itu yang justru mengantarkanmu kamu pada keikhlasan sesungguhnya."

oke, sekian sharing ilmunya, maaf jika banyak kesalahan dan ingat saya tidak pernah bermaksud menggurui siapapun. Hanya, jika bisa memperbaiki diri bersama kenapa tidak? *tring;)

2 komentar:

Back to Top